Rahasia Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat dalam Waktu Singkat

Coba rahasia jitu dan cara tepat untuk menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat, dan dapatkan kulit mulus yang kamu inginkan!

Rahasia Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat dalam Waktu Singkat

Setelah berjuang melawan jerawat, muncul masalah baru yang kerap menjadi momok bagi kepercayaan diri kita: bekas jerawat. Bekas jerawat bukanlah sesuatu yang mudah dihilangkan, karena tergantung pada jenis bekas yang terbentuk pada kulitmu. Ada beberapa jenis bekas jerawat yang bisa muncul, antara lain bekas jerawat hitam yang berupa bintik-bintik gelap yang sering disebut sebagai post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan bekas jerawat yang meninggalkan kemerahan pada kulitmu atau post-inflammatory erythema (PIE).

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi bekas jerawat dengan cepat. Sebelum memulai, penting untuk mengetahui apa penyebab terbentuknya bekas jerawat pada kulitmu.

Penyebab Bekas Jerawat

Bekas jerawat hitam atau post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) terbentuk saat kulit memproduksi melanin berlebihan di area bekas jerawat. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit dan berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Saat jerawat meradang, kulit memproduksi melanin lebih banyak sebagai bentuk perlindungan yang pada akhirnya menghasilkan noda atau bintik-bintik gelap yang menjadi bekas jerawat. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah paparan sinar matahari dapat memperburuk kondisi PIH. Ini penting untuk diperhatikan karena di Indonesia matahari bersinar terik hampir sepanjang hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sunscreen secara rutin untuk membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sedangkan bekas jerawat merah atau post-inflammatory erythema (PIE) terjadi ketika kapiler, yaitu pembuluh darah kecil di bawah kulit, melebar dan mengalami kerusakan akibat inflamasi. Biasanya, PIE disebabkan oleh jerawat meradang dan kebiasaan memencet jerawat. Saat jerawat dipencet, cairan yang terdapat di dalamnya dapat merusak jaringan kulit di sekitarnya dan menyebabkan peradangan. Meski dapat hilang dengan sendirinya, namun bekas jerawat merah cenderung lebih sulit hilang dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Menggunakan Skincare

Skincare dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan memudarkan bekas jerawat, asalkan digunakan dengan benar dan rutin. Jika kamu ingin mengatasi bekas jerawat PIH, produk skincare dengan kandungan zat aktif seperti vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin bisa jadi solusinya.

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Selain bisa membantu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya, vitamin C juga bisa membantu menghambat produksi melanin yang bisa menyebabkan noda dan bekas jerawat pada kulit kita. Dengan menggunakan vitamin C secara rutin, noda dan bekas jerawat pada kulit bisa diatasi secara alami.

Niacinamide atau vitamin B3 juga sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Niacinamide bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit dan juga membantu meningkatkan kelembapan kulit serta produksi kolagen. Dengan menggunakan niacinamide secara rutin, kulit yang rusak dan tidak rata bisa diperbaiki, sehingga kulit kita tampak lebih sehat dan cerah.

Alpha arbutin bisa membantu menghambat produksi melanin pada kulit, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat yang membandel. Selain itu, alpha arbutin juga bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit dan meningkatkan kelembapan kulit secara alami.

Nah, kamu bisa mencoba Translucent White C Serum dari Ella Skin Care yang mengandung ketiga zat aktif tersebut. Produk ini telah terbukti efektif untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit dan memudarkan noda hitam.

Dengan menggunakan produk yang tepat dan rajin merawat diri, dijamin deh kulit kamu akan kembali cantik dan sehat. Selain itu, kamu juga harus rajin cuci muka dan hindari memencet jerawat supaya bekas jerawat tidak bertambah parah.

Baca juga: 4 Serum Terbaik dan Terlaris Sepanjang Tahun

2. Memakai Sunscreen Secara Rutin

Menggunakan sunscreen atau tabir surya juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, loh! Sunscreen sangat bermanfaat untuk melindungi kulit kita dari sinar UV  yang bisa merusak lapisan kulit dan memperparah hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. Tapi, pastikan sunscreen yang kamu pilih cocok dengan jenis kulitmu dan minimal mengandung SPF 30+++, ya! Jangan pilih yang terlalu berat dan berminyak, apalagi kalau kulitmu cenderung berminyak.

Kamu bisa mencoba UV Intensive Protector Sunscreen yang memiliki tekstur ringan, mudah meresap, dan tidak meninggalkan white cast. Tidak hanya itu, sunscreen ini juga mengandung centella asiatica yang bisa membantu meredakan kemerahan pada kulitmu. Jadi, yuk mulai rajin pakai sunscreen untuk kulit yang cantik dan sehat!


 

3. Treatment Laser di Klinik Kecantikan

Untuk memudarkan bekas jerawat hitam, perawatan laser Q-Switched Nd:YAG di klinik kecantikan bisa menjadi pilihan tercepat. Laser ini ampuh memudarkan bekas jerawat hitam dengan menembus lapisan kulit dalam tanpa merusak permukaan kulit. Kamu bisa mencoba Korean Bright Toning, salah satu treatment andalan dari Ella Skin Clinic yang menggunakan laser Q-Switched Nd:YAG. Dengan perawatan ini, tidak hanya bekas jerawat hitam yang bisa diatasi, tapi kulit kamu juga akan terlihat lebih cerah dan glowing.

Baca juga: 1 Solusi Untuk 3 Masalah Wajah Sekaligus, Korean Bright Toning Layak Dicoba!

Untuk menghilangkan bekas jerawat merah, coba gunakan Laser Diode atau Yellow Laser yang ampuh dalam memudarkan pembuluh darah dan pigmentasi pada melasma vascular. Kamu bisa mendapat perawatan laser ini pada Ultimate Yellow Creamy Glow, salah satu treatment terbaik dari Ella Platinum. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perawatan laser, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan perawatan yang sesuai dengan masalah kulitmu dan membuat hasil perawatan menjadi lebih optimal. Jadi jangan ragu untuk konsultasi ya!

Ditulis oleh Titis Winasis — Ditinjau oleh dr. Ami Antariksawati