4 Cara Ampuh Atasi Pori - Pori Besar

pori - pori merupakan tempat keluarnya sebum yang berlebih

4 Cara Ampuh Atasi Pori - Pori Besar

Hai friends, kali ini kita akan membahas mengenai pori -pori besar.  Siapa nih diantara friends yang juga merasa pori - pori di kulit wajah terlihat jelas banget alias pori - pori besar? Apa aja sih penyebabnya?  Karena pada dasarnya, penyebab pori - pori besar adalah karena produksi dari sebum yang berlebihan. Karena pori - pori merupakan tempat keluarnya sebum yang berlebih.  Berikut ini adalah beberapa penyebab pori - pori di wajah menjadi tampak lebih besar :

  1. Genetik, salah satu penyebab pori-pori besar bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan. Jenis kulit berminyak dan memiliki kulit tebal merupakan kondisi yang diturunkan. Itu berarti, jika orang tua atau saudara kandung Anda memiliki kulit berminyak dan pori-pori wajah besar, Friends juga cenderung akan memilikinya. Orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung mengalami pori-pori membesar. Ini karena kelenjar sebum lebih aktif dalam memproduksi minyak sehingga pori-pori membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyaknya. Orang-orang yang memiliki lapisan kulit tebal juga biasanya memiliki pori-pori wajah dengan ukuran lebih besar. 
  2. Hormon, dalam hal ini hormon juga berpengaruh pada kondisi pori - pori wajah kita friends. Fluktuasi  hormon pada ibu hamil dan wanita yang sedang datang bulan sangat berpengaruh pada ukuran pori - pori wajah. Tapi  kembali lagi ya friends pada diri kita sendiri karena kondisi tiap orang bisa berbeda.
  3. Paparan Sinar Matahari Berlebih, paparan sinar matahari terlalu sering atau secara berlebihan juga menjadi penyebab pori-pori wajah besar. Kulit yang sering terkena sinar matahari langsung lama-kelamaan akan mengalami penebalan, sehingga pori-pori membesar tidak dapat dihindari. Selain kulit menebal, sinar ultraviolet (UV) juga mampu melemahkan produksi kolagen. Manfaat dari kolagen adalah tetap menjaga kulit terawat serta kondisi pori -pori lebih terjaga. Kerusakan kolagen akan berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit dan melebarnya lubang pori-pori.
  4. Pertambahan Usia, penyebab pori-pori membesar berupa pertambahan usia memang tak bisa dihindari. Semakin tua usia seseorang maka semakin berkurang kemampuan tubuh dalam produksi kolagen dan elastin. Alhasil, kulit jadi terlihat kendur, muncul keriput, dan pori-pori jadi tampak membesar. Kulit kendur ini yang disebabkan oleh produksi kolagen melemah disertai pola aktivitas dan paparan sinar matahari selama masa muda. 

 

Itu tadi adalah beberapa penyebab pori - pori besar friends. Dari beberapa penyebab diatas pasti ada juga cara mengatasi pori besar ya frieds, Yuk, kita bahas tuntas cara mengatasi pori - pori wajah yang besar. 

  1. Eksfoliasi, eksfoliasi atau pengelupasan adalah kunci utama dari rutinitas perawatan wajah untuk menangkal segala macam masalah kulit, termasuk pori-pori besar. Saat memilih produk exfoliator, cari produk dengan tekstur seperti butiran pasir dan lembut. Jenis produk ini dapat menjangkau pori-pori dan mengurangi minyak sehingga pori-pori tidak akan membesar atau menghitam. Penggunaan produk yang lembut pada kulit dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Meski eksfoliasi baik untuk mengatasi masalah kulit, cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Cukup satu sampai dua kali dalam seminggu atau beberapa kali saja sebulan.
  2. Bersihkan Wajah Secara Rutin, salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah adalah membersihkan wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur. Saat membersihkan wajah, pastikan sabun pembersih wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan bersifat non-comedogenic.
  3. Gunakan Tabir Surya, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari, elastisitas kulit bisa berkurang dan membuat pori-pori semakin membesar.
  4. Lakukan Treatment yang membantu mengecilkan pori - pori, tenang friends, di Ella Skin Clinic ada satu treatment yang bisa membantu kamu mengatasi pori besar, warna kulit tidak merata juga lho.. Treatment ini adalah Korean Bright Toning. Kombinasi perawatan laser NDyag+TDL Bright C untuk mencerahkan, menghilangkan flek mengecilkan pori dan meratakan warna kulit. Dengan 1 perawatan kamu bisa dapat banyak manfaat. 

Jadi tunggu apalagi friends, kalau kamu merasa tidak pede dengan kondisi wajah kamu saat ini. Langsung datang aja ke Ella Skin Clinic terdekat di kota kamu dan konsultasikan kondisi atau keluhan kamu dengan dokter disana ya. Kamu melakukan booking dengan cara klik tombol dibawah ini ya!