Facial Wajah 101: Mengenal Lebih Dekat Perawatan yang Mengubah Kulitmu

Temukan segala yang perlu kamu ketahui tentang facial wajah di sini. Mulai dari definisi hingga manfaatnya yang dapat mengubah kulitmu menjadi lebih cantik dan sehat.

Facial Wajah 101: Mengenal Lebih Dekat Perawatan yang Mengubah Kulitmu

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit wajah yang sehat dan terlihat sempurna seperti para beauty influencer yang sering kita lihat di media sosial? Nah, rahasia di balik kulit wajah yang flawless dan bercahaya itu ternyata salah satunya facial, lho. Facial adalah salah satu jenis perawatan kulit yang bisa kamu temukan dengan mudah di klinik kecantikan dengan harga yang terjangkau. 

Apa Itu Facial?

Facial adalah suatu perawatan kecantikan yang ditujukan untuk membersihkan, merawat, dan memperbaiki kondisi kulit wajah. Saat melakukan facial, kulit wajah akan dibersihkan secara menyeluruh dari segala macam kotoran, minyak berlebih, dan komedo yang bikin pori-pori jadi tersumbat. Biar hasilnya lebih maksimal, biasanya penggunaan masker akan menjadi step terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu dari proses facial ini. Masker yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, mulai dari masker yang bikin kulit terhidrasi sampai masker yang bisa mencerahkan wajahmu.

Tujuan utama facial adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah, mengurangi masalah kulit seperti komedo, jerawat, atau penyumbatan pori-pori, serta memberikan efek kulit yang bersih, segar, dan bercahaya. Selain itu, facial juga dapat merangsang sirkulasi darah di wajah, membantu regenerasi kulit, dan bikin tubuhmu terasa super rileks. 

Jadi, kalau kamu sudah rajin merawat kulit wajahmu di rumah dengan produk skincare, sekarang saatnya kamu menambahkan facial ke dalam rutinitas kecantikanmu. Dengan melakukan facial secara teratur, manfaat yang kamu dapatkan bakal jauh lebih memuaskan daripada hanya mengandalkan produk skincare saja.

Baca juga: Apa Itu Skin Minimalism? Memahami Tren Kecantikan 2023 yang Tak Boleh Dilewatkan

Apa Saja Tahapan Facial?

1. Pembersihan Wajah

Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit, membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta menghilangkan sisa-sisa makeup yang dapat menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya.

2. Pijat Aromaterapi

Setelahnya, dilakukan pemijatan dengan lembut untuk merangsang sirkulasi darah di tubuh dan merelaksasi otot-otot yang tegang. Nggak cuma itu, pemijatan juga bisa membantu mengurangi stres dan memberikan sensasi nyaman selama perawatan.

3. Ekstraksi Komedo

Ekstraksi komedo dilakukan oleh ahli kecantikan berpengalaman dengan hati-hati, biar komedo yang menyumbat pori-pori bisa dihilangkan tanpa risiko peradangan dan menjaga kebersihan pori-pori kulitmu.

4. High Frequency

High frequency menghasilkan aliran arus listrik berfrekuensi tinggi yang dapat membunuh bakteri di kulit, merangsang sirkulasi darah, dan mengurangi risiko infeksi dan peradangan pada kulit yang rentan terhadap jerawat dan komedo.

5. Masker Wajah

Tahap terakhir, masker wajah digunakan untuk memberikan manfaat ekstra pada kulit. Masker yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulitmu dan masalah kulit yang ingin diatasi. Masker juga memberikan efek pendinginan dan penyegaran pada kulit setelah prosedur facial selesai.

Ada tahapan lain yang mungkin dilakukan, seperti mengaplikasikan serum wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, seperti serum jerawat, serum pencerah, atau serum untuk hiperpigmentasi. Selain itu, jika kamu merasa khawatir akan merasakan sakit saat proses ekstraksi komedo, kamu bisa meminta untuk menggunakan facial dengan anestesi agar proses ekstraksi komedo tidak begitu terasa menyakitkan.

Baca juga: Punya Kulit Kering? Gak Masalah! Ini Dia Perawatan Kulit Kering yang Wajib Dicoba!

Siapa Saja yang Boleh Melakukan Facial?

Jawabannya adalah hampir semua orang, dengan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, ya!

Dalam situasi umum, semua orang yang menginginkan perawatan wajah dapat menjalani facial dengan senang hati. Nggak ada batasan usia yang begitu ketat, jadi baik remaja maupun orang dewasa bisa menikmati perawatan ini.

Jenis kulit menjadi faktor penting kedua yang perlu kamu pertimbangkan. Facial dapat dilakukan pada berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. Namun, setiap jenis kulit membutuhkan perawatan dan produk yang sesuai. Oleh karena itu, penting untuk memilih ahli kecantikan berpengalaman yang dapat menyesuaikan produk dan teknik sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Selain itu, kondisi kulitmu juga perlu dipertimbangkan. Jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu, seperti jerawat parah, eksim, dermatitis, atau luka terbuka pada wajah, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan. Dokter akan memberikan nasihat apakah facial aman untuk dilakukan atau apakah perlu mempertimbangkan alternatif perawatan lain.

Bagi kamu yang memiliki riwayat alergi atau sensitivitas terhadap bahan-bahan tertentu, penting untuk memberi tahu dokter kecantikan sebelum melakukan facial. Hal ini akan membantu mereka memilih produk yang aman dan menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Untuk memudahkanmu dalam memilih jenis facial yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, Ella menyediakan layanan konsultasi online. Selain itu, kamu juga bisa langsung jadwalkan pertemuan dengan dokter kecantikan di klinik Ella terdekat.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba facial dan rasakan manfaatnya untuk kulit wajahmu yang cantik dan sehat ya!

Baca juga: Hapus Jerawat dalam Sekejap! 4 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat Sebelum Hari Raya Tiba

Ditulis oleh Titis Winasis — Ditinjau oleh dr. Ami Antariksawati